Study Implementation OSS Dari Kabupaten Balangan

Kamis, 04 Oktober 2018. Dalam rangka peningkatan kapasitas implementasi OSS di daerah, PTSP perwakilan dari kabupaten Balangan mengunjungi PTSP Kabupaten Tanah Bumbu guna mempelajari sistem yang berjalan pada PTSP Kabupaten Tanah Bumbu. PTSP Kabupaten Balangan sendiri tengah mempelajari sistem penerbitan Izin Usaha melalui OSS dan sudah menjalankan program perizinana berusaha secara online menggunakan OSS sejak awal Agustus 2018. Disamping banyaknya kendala dari sistem OSS sendiri, alur kerja sistem dengan dinas terkaitpun turut menjadi pertanyaan besar bagi setiap Kabupaten, belum ada SOP yang pasti terkait bagaimana izin usaha secara online ini bisa legal dimata pemerintahan. Kasus-kasus ini pun yang mendorong Kabupaten Balangan untuk belajar bersama ke Kabupaten yang lebih dulu mendalami masalah izin online tersebut.

Kabupaten Tanah Bumbu merupakan salah satu Kabupaten yang telah mempelajari dan mengimplementasikan Perizinan Berusaha Secara Online dengan sistem OSS sejak awal diresmikannya sistem tersebut. Pengalaman demi pengalaman didapat sejak awal penggunaan sistem ini menjadikan pelayanan Perizinan Berusaha Secara Online pada Kabupaten Tanah Bumbu menjadi mandiri  dalam upaya menyelesaikan permasalahan Perizinan Berusaha Secara Online dengan sistem OSS ini meskipun PTSP Kabupaten Tanah Bumbu sendiri masi banyak kendala dan belajar secara mandiri dengan mengikuti alur sesuai koordinasi dari pusat, hal ini disebabkan keterbatasan biaya untuk Kegiatan BIMTEK dari daerah khususnya bagi operator pelaksana Perizinan Berusaha secara Online dengan sistem OSS.

Keaktifan PTSP Kabupaten Tanah Bumbu dalam forum OSS ini pun akhirnya membawa PTSP Kabupaten Balangan terinpirasi untuk belajar bersama melakukan studi implementasi sekaligus silaturahmi berkunjung dan melihat langsung proses Perizinan Berusaha Secara Online dengan sistem OSS ini yang diterapkan di PTSP Kabupaten Tanah Bumbu.

Hasil dari kunjungan ini diharapkan tidak mengecewakan, ini terucap dari salah satu anggota PTSP Kabupaten Balangan yang ternyata adalah admin langsung Perizinan Berusaha Secara Online dengan sistem OSS ini  mengaku sangat puas dengan ilmu yang diserap dari PTSP Kabupaten Tanah Bumbu.

Faktanya adalah, kami Pengelola Sistem Informasi Manajemen sekaligus Operator Perizinan Berusaha Secara Online dengan sistem OSS ini selalu mempelajari dan berkoordinasi langsung dengan orang-orang terkait dari pusat guna menyelesaikan permasalahan Perizinan Berusaha Secara Online dengan Sistem OSS ini demi kelancaran setiap usaha di Kabupaten Tanah Bumbu khususnya.

PTSP Kabupaten Tanah Bumbu berharap kunjungan ini bukanlah sekedar kunjungan seremoni biasa, tetapi akan membawa manfaat bagi pelayanan khususnya bagi pelayanan perizinan secara online di daerah, PTSP Kabupaten Tanah Bumbu pun ingin diberikan kesempatan melalui kebijakan daerah untuk belajar kepada daerah lain ataupun pusat dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan perizinan terutama dalam implementasi Pelayanan Perizianan Secara Online dengan sistem OSS.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *