Sosialisasi dan Bimbingan Teknis SICANTIK Yang Terintegrasi Untuk Pelayanan Perizinan Terpadu

Banjarbaru, 02 November 2018. Kepala Bidang Perizinan dan Non-Perizinan beserta satu staff pengelola SIM Dinas PMPTSP Mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis “Interoperabilitas dan Integrasi Data Pelayanan Perizinan Terpadu Dengan SICANTIK Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan” di Dinas Komunikasi dan Informatika Kotabaru dalam rangka memajukan pelayanan perizinan dengan memanfaatkan pperkembangan teknologi yang telah berkembang.

SICANTIK merupakan singkatan dari “Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik”. Aplikasi SiCantik yang dikembangkan oleh Direktorat e-Government memiliki fitur antara lain mudah dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan jenis perizinan yang diselenggarakan, pendaftaran izin secara online, tracking status perizinan, pengaduan online, serta pelaporan yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan. Saat ini SiCantik telah memasuki versi 4, dengan penambahan fitur Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), perhitungan retribusi dan rekomendasi dari tim teknis. Dengan sistem yang  begitu kompleks tersebut juga tak lepas dari kekurangan sehingga belum bisa digunakan sepenuhnya oleh daerah.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu memiliki staff IT untuk Pengelola SIM yang disiapkan untuk menghadapi perkembangan teknologi dan bersaing untuk kemajuan teknologi tersebut. Banyak hambatan dalam penyesuaian sehingga memaksa untuk bukan hanya Staff Pengelola SIM itu sendiri melainkan juga seluruh staff Dinas PMPTSP untuk terus belajar dan bekerja sama. Sistem yang kompleks banyak memiliki kelebihan dan kekurangan, namun bukan berarti dengan adanya kekurangan tersebut lantas kita berhenti untuk terus berusaha menyempurnakan, kerja sama adalah kunci dari kesempurnaan itu sendiri.

Hasil dari Sosialisasi tersebut adalah kerja sama yang dibutuhkan dari seluruh daerah di Indonesia agar saling membantu untuk terintegrasinya pelayanan perizinan yang menjadi pupuk penting dalam kemajuan negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *