Konsultasi dan Koordinasi Kinerja tentang Pelayanan Publik di Kab. Sidoarjo Jawa Timur

06 November 2018, Pejabat DPMPTSP Tanah Bumbu Yang terdiri dari Sekretaris Dinas, Kabid Perizinan dan Non Perizinan, Kabid Bidang Pengaduan dan Pengendalian, Kasubbag Umum dan Kepegawaian dan Kasubbag Perencanaan Keuangan dan Pelaporan melaksanakan tugas luar daerah ke Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur dalam rangka Konsultasi dan Koordinasi Kinerja tentang Pelayanan Publik.

DPMPTSP Kabupaten Sidoarjo menjadi contoh PTSP yang dituju sebab dinilai telah memiliki kinerja pelayanan publik yang mumpuni, disamping dari segi Sistem Perizinan yang digunakan, juga dari segi Sistem Akuntabilitas Kinerja Intern Pemerintah (SAKIP) yang mereka miliki.

Dari hasil kunjungan tersebut, pejabat Dinas PMPTSP Tanah Bumbu menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu :
1. Konsolidasi dikuti dari Dinas PMPTSP Kab. Tanah Bumbu dan Dinas PMPTSP Kota Surakarta, yang diterima oleh Kabid. Perizinan dan Kabid. Non Perizinan sekaligus sebagai Narasumber.
2. Dinas PMPTSP Sidoarjo berpredikat Nilai A dari Kemen PAN RB dan Predikat Bintang Empat dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tentang Layanan Publik, dan penerapan sistem berbasis Elektronik sekaligus sebagai Pilot Projek dalam Pelayanan dengan Sistem Online Single Submission (OSS).
3. Pelayanan yang dilaksanakan Dinas PMPTSP Sidoarjo semata-mata berkat dukungan kebijakan dari unsur Pimpinan Daerah terutama Serkretaris Daerah dan Bupati Sidoarjo serta komitmen dari Dinas PMPTSP dan Instansi Teknis terkait.
4. Pelayanan sepenuhnya dilaksanakan oleh Satu Pintu pada Dinas PMPTSP dan berkoordinasi dengan Instansi Teknis terkait.

Kegiatan kunjungan tersebut patutnya bukan hanya sekedar menjadi sarana hiburan keluar kota semata, tetapi juga harusnya menjadi acuan dalam memajukan daerah asal dari segala aspek.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *