Bolehkah Menjual Bensin Eceran di Pinggir Jalan? Bisnis Pertamini Menjamur, Awas Bukan Agen Resmi Pertamina

Maraknya penjualan BBM bertajuk Pertamini juga mengundang perhatian Pertamina. ini di bahas bahwa Pertamini yang saat ini menjamur di masyarakat bukanlah penyalur resmi Pertamina. Sehingga, jika ada kejadian kebakaran, Pertamina tidak bisa mengambil tindakan apapun.

Mengangkat kasus ini, Kepala Bidang Pengaduan DPMPTSP Tanah Bumbu menggelar rapat pembahasan menjamurnya Pertamini di wilayah Tanah Bumbu. Sesuai UU Migas Nomor 22 tahun 2001 menyebutkan, antara lain badan usaha dapat melaksanakan kegiatan usaha hilir setelah mendapatkan izin usaha dari pemerintah. Izin usahanya antara lain, izin usaha pengolahan, izin usaha pengangkutan, izin usaha penyimpanan, dan izin usaha niaga.

Di beberapa daerah, memang ada dinas terkait yang mengeluarkan ijin, berupa ijin penjualan BBM eceran. Untuk penjualan bensin eceran tersebut, selain aspek kualitas dan kuantitas yang tidak dapat diawasi oleh Pertamina maupun instansi pemerintah yang berwenang, juga tidak ada pengawasan terkait kemampuan personil dan fasilitas terkait aspek keselamatan.

Beda dengan di SPBU resmi Pertamina. Selain ada standar desain dan perlengkapan terkait aspek keselamatan, juga ada pelatihan untuk operator apabila terjadi insiden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *