Gambaran Umum

Kabupaten Tanah Bumbu adalah salah satu Kabupaten dari 13 (tiga belas) kabupaten/kota di Provinsi Kalimanatan Selatan yang terletak persis di ujung tenggara Pulau Kalimantan, secara geografis terletak pada 2052′ – 3047′ Lintang Selatan dan 115015′ – 116004′ Bujur Timur, dengan batas wilayah sebagai berikut :

Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Kotabaru

Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Jawa

Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Banjar dan Tanah Laut

Sebelah TImur berbatasan dengan Kabupaten Kotabaru

Kabupaten yang beribukota di Batulicin ini memiliki 10 (sepuluh) Kecamatan yaitu Kecamatan Kusan Hilir, Sungai Loban, Satui, Kusan Hulu, Batulicin, Karang Bintang, Simpang Empat, Mantewe, Kuranji dan Angsana. Lima Kecamatan yang terakhir disebutkan adalah kecamatan hasil pemekaran pada pertengahan 2005 lalu.

Kabupaten Tanah Bumbu memiliki luas wilayah sebesar 5.067,14 km2 (506.714 Ha) atau 13,50 persen dari total luas Provinsi Kalimantan Selatan. Kecamatan Kusan Hulu merupakan kecamatan terluas yang mencakup 31,76 persen dari luas keseluruhan Kabupaten Tanah Bumbu, sedangkan Kecamatan Kuranji memiliki luas wilayah terkecil sebesar 110,42 Km2 atau hanya 2,18 persen dari wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Berturut-turut dari kecamatan terluas setelah Kusan Hulu adalah Mantewe, Satui, Kusan Hilir, Sungai Loban, Simpang empat, Angsana, Batulicin, Karang Bintang dan Kuranji.

Sedangkan kemampuan tanah wilayah Kaupaten Tanah Bumbu tergolong baik dengan kedalaman efektif tanah berkisar antara 60 cm sampai dengan 90 cm, meskipun demikian secara umum kedalaman efektif tanah di Kabupaten Tanah Bumbu adalah lebih besar dari 90 cm.

Geologi wilayah Kabupaten Tanah Bumbu yang mempunyai ketinggian di atas 100 meter sebesar 31,01 persen dari wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, sehingga terdapat beberapa daerah yang merupakan dataran tinggi. Daerah dataran tinggi tersebut sebagian besar termasuk dalam jalur barisan pegunungan Meratus. Tercatat setidaknya ada 18 puncak pegunungan yang berada di wilayah ini. Gunung Mariringin, Mengili, Baturaya dan Gunung Gara Kunyit merupakan puncak pegunungan yang puncaknya mencapai 600 meter lebih di atas permukaaan air laut (dpl).